Catatan Akhir Tahun

pada tahun 2021 tepatnya bulan Juli saya melanjutkan sekolah ke jenjang sekolah menengah kejuruan, saya mendaftar di SMK negeri 1 pati bersama sepupu saya. Sebelumnya, Saya menginginkan untuk masuk jurusan OTP namun setelah seleksi saya gagal dan berakhir diterima di jurusan BDP, setelah itu saya diterima dan resmi menjadi siswa baru. Dan inilah perjalanan saya di jenjang SMK dimulaia

Sat semester satu pembelajaran dilaksanakan secara daring dikarenakan masih pandemi, dan pada semester 2 ada kebijakan pembelajaran dilakukan tatap muka secara sesi, saat itu juga saya merasa senang bisa melihat secara langsung wajah teman-teman saya walaupun masih mengikuti protokol kesehatan menggunakan masker dan menjaga jarak. Walaupun saya belum bisa melihat teman-teman saya terutama absen akhir dikarenakan beda sesi, dan waktu demi waktu telah berlalu, pandemi sudah mulai menyusut, Akhirnya di akhir semester 2 saya bisa melihat secara langsung wajah teman-teman saya secara lengkap. Hingga tibalah masa PKL pertama saya di kelas 10, masa dimana mental seseorang akan diuji karena di sini kita dituntut untuk lebih kuat, tetapi dengan adanya PKL, saya dapat menambah wawasan, pengalaman, dan menambah banyak pengetahuan tentang dunia kerja.e

Selah PKL terselesaikan selama 3 bulan, saya melanjutkan sekolah di kelas 11. Waktu demi waktu telah berlalu dan saya menjalankan PKL untuk kedua kalinya, pada akhirnya saya bisa menyelesaikan PKL tersebut dengan agak sedikit terpaksa tetapi tetap saya jalankan sampai selesai selama 3 bulan, setelah PKL selesai saya kebagian libur kenaikan kelas selama 1 satu minggu dan saya gunakan untuk bermain ke rumah kedua saya yang bertempat di Yogyakarta sembari menenguk keluarga saya disana, h-2 saya pulang ke Pati untuk melanjutkan sekolah saya di kelas 12.

Disinilah cobaan terberat saya dimulai, cobaan tersebut membuat saya tidak bisa melaksanakan PKL untuk terakhir kalinya di masa SMK selama 6 bulan, hal yang paling menyedihkan yaitu disaat saya harus berpisah dengan teman sekelas. Waktu demi waktu berlalu, liburan akhir semester telah selesai, waktunya sekolah, dan saya dititipkan di kelas BDP 2

Waktu begitu terasa sangat cepat, tak terasa saya sudah berada di ujung gerbang untuk melepas seragam putih abu-abu yang saya kenakan saat ini. Tentunya banyak hal mulai dari yang bersifat suka maupun duka yang telah saya alami, semoga apa yang saya alami baik suka maupun dukanya bisa untuk pelajaran di kehidupan saya, selalu mengutamakan kesehatan dan bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Kesimpulan: Tiga tahun menjalani hari-hari menyenangkan, juga menegangkan. Berkumpul bersama, tertawa bersama hingga mendapatkan hukuman bersama. Semua itu akan menjadi kenangan paling menyenangkan sepanjang masa.

Komentar